Uncategorized

DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)? BEGINI CARA MENGATASINYA

Musim hujan di Indonesia biasa terjadi di akhir tahun hingga bulan februari. Biasanya, kalau sudah masuk musim hujan, semakin banyak genangan air dimana mana, berarti semakin banyak juga nih tempat yang bisa jadi sarang nyamuk nerkembamg biak! Salah satunya  nyamuk betina dari jenis Aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dengue atau yang sering kita kenal dengan DBD (demam berdarah dengue). Orang yang terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang jauh lebih besar terserang penyakit parah.

Agar dapat ditangani dengan tepat dan cepat, maka kita harus mengetahui apa saja gejala yang umum terjadi. Gejalanya adalah demam, ruam tubuh dan nyeri pada otot maupun sendi. Pada kasus DBD yang lebih parah, dapat terjadi pendarahan hebat dan syok, yang dapat membahayakan nyawa.

Penanganan atau pertolongan

Jika sudah menunjukan gejala awal DBD yaitu demam, Bunda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memberikan kondisi nyaman kepada penderita, kemudian segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diagnosa medis lebih lanjut. 

1. Kompres dengan air hangat

2. Berikan paracetamol sesuai kebutuhan usi misalnya Termorex untuk anak anak

3. Istirahat yang cukup

4. Pastikan mendapat asupan cairan yang banyak agar tidak dehidrasi. 

5. Jaga asupan makanan yang sehat, bergizi, dan bersih agar membantu imunitas tubuh melawan virus. 

Nah, jangan lupa juga Bunda memastikan nyamuk nyamuk ini tidak memiliki tempat bersarang dan berkembang biak ya. Untuk tips lainnya seputar kebutuhan Bunda dan si kecil mengenai gejala demam berdarah Bunda bisa mengunjungi artikel https://panduanbunda.com/articles/index/waspada-inilah-gejala-demam-berdarah-dengue-dbd-pada-anak

Serta Social Media Panduan bunda dibawah ini :

– Instagram: http://www.instagram.com/panduanbunda

– Facebook : https://www.facebook.com/panduanbunda/

– Official website https://www.panduanbunda.com

– Twitter : https://twitter.com/panduanbunda

28 thoughts on “DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)? BEGINI CARA MENGATASINYA

  1. Noted, kompres pakai air hangat ya kak, sebagian dari kita salah nih, malah kompres pakai air dingin/air es buat meredakan demam

  2. Mrncegah memang harus ya kak. Karena klo udah sakit, duh ampun deh ga enak banget.
    Aku th lalu pernah kena DBD,di rmh udah
    bersih2 eh tapi sekitar rumah ku masih banyak kebon gitu jadi ya mungkin banyak nyamuk disana.

  3. Katanya DBD sebetulnya lebih bahaya dibanding corona virus atau covid-19 dilihat dari tingkat kematiannya ya?

  4. Kalo udah positif dbd, sebaiknya ke dokter until mendapatkan penanganan medis langsung mbak. Karena lewat dikit aja bisa menimbulkan dampak yang cukup parah. Semoga kita tetap sehat ya.

  5. kasus DBD di Indonesia itu memang selalu bertambah ya setiap pergantian musim. apalagi kalau masih mau hujan kasus DBD nya banyak banget, soalnya banyak tempat yang dijadikan sarang nyamuk suka de tipsnya bisa dipakai itu khususnya untuk istirahat cukup

  6. Terima kasih infonya. Apalagi memang sekarang musim hujan. Siap dan siaga menghadapi DBD sangat penting. Kenali dan lakukan pertolongan sebelum dibawa ke dokter.

  7. Duh selain waspada corona, di sisi lain juga harus banget waspada DBD yang jadi momok di musim penghujan. Ayok bunda jangan malas bersih2 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s