Uncategorized

Kongres Asosiasi Karyawan Film dan Televisi digelar dengan seru!

Tanggal 15 Desember 2019 lalu, Saya hadir di acara Kongress Nasional Ke XIV Persatan Karyawan Film dan Televisi (KFT). Saya hadir tepat setelah Pak Maman dari Puslitbang Film Kemendiknas selesai menyampaikan pidato nya. Setelah itu ada om Slamet Raharjo yang juga menyampaikan sepatah dua patah kata. Saat pertama kali masuk, saya langsung berkata dalam hati “waduh, tua tua semua nih. Kayaknya bakal alot”.

Agenda sidangnya antara lain pengesahan AD ART, Rencana Strategi Organisasi, dan pemilihan ketua umum KFT untuk periode 4 tahun kedepan. Untuk peembahasan AD ART dan Rensra, dibagi kedalam 3 Komisi. Saya masuk di Komisi III yang membahas tentang Rencana Strategi, mencakup Visi, Misi, Tujuan, dan Rencana Strategi Organisasi. Rensra ini nantinya akan menjadi KPI (Key Performance Indikator) Pengurus yang baru apakah. Kenapa saya pilih Komisi III? Karena kalau AD ART saya sedikit bosan membahas wording dari saya semester 1 hingga saya lulus dan bekerja bahkan sampai tahun ini. 1 dekade lebih ☺

Pada sidang Komisi III. Visi yang ditawarkan SC (Steering Committee) agaknya kurang pas dengan saya. Karena selama ini saya menyusun Visi Misi baik itu organisasi atau perorangan (maklum, pernah jadi TimSes), Visi itu harus kongkrit capaiannya, bisa diukur, singkat, dan umumnya diawali dengan kata ME. Meskipun untuk poin terakhir ini tidak melulu menjadi patokan.

Apa sih yang membedakan Visi Perusahaan/ Badan Usaha, dengan Organisasi? Kalau menurut pendapat saya, pada perusahaan/badan usaha, biasanya ada produk atau jasa yang dijual, jadi visinya focus pada barang dan jasa tersebut sementara pada organisasi yang tidak berlandaskan profit, dibentuk atas dasar kebutuhan anggotanya, maka tentunya visi yang tepat adalah focus kepada anggotanya. Bukan organisasinya. Karena jika SDM yang diayomi oleh organisasi tersebut maju dan sejahtera, tentu organisasi tersebut akan besar. Untuk itu saya mengajukan kalimat Visi yang member oriented, dan ternyata itu yang akhirnya disepakati forum. Meskipun ada 1 saran lainnya yang cukup keras membantah, organization oriented, namun tidak kunjung mufakat. Hingga akhirnyaa diadakan vote dan tetap saja bahkan tidak sampai 10% persen peserta sidang menyetujui opsi tersebut. Sampai disini, percakapan dalam hati saya berubah. “wah ternyata meskipun disni banyak yang orang tua, bahkan umurnya mayoritas 2-3x usia saya, bahkan lebih tua dari aya saya, tapi mereka ini sungguh open minded mendengar pendapat saya yang bisa dibilang peserta kongres termuda”.

Mau tau apa lagi yang menarik dari Kongres ini? Ternyata dananya mayoritas adalah urunan anggota. Sungguh semangat sekali para anggota KFT menyelenggarakan Kongres yang sempat mundur karena adanya dinamika konflik dalam organisasi. Dan, makanan tak kunjung berhenti tersedia. Saya pulang berat badan bertambah 900gr. Oh Gosh. Forgive me for this unmindful eating. Total ada hamper 400 member yang mendaftar, dan dihadiri 200 orang lebih. We o we. Wow.

Sidang kongres berjalan seru karena berisi orang orang yang “nyeni”, jadi pola pikirnya juga unik, gaya bicara unik, semua unik. Dan tentunya semangat yang tidak pudar hingga jam 12malam sidang ditutup.

Lucu ya. Bahkan ada salah satu anggota yang pasang taruhan, untuk memberikan 1juta per surat suara yang masuk untuk salah satu pasangan calon, karena Beliau bertaruh bahwa tidak mungkin lebih dari 2 suara. Dan Saya menjadi suspect utama yang menghasut peserta untuk memilih Paslon tersebut. Kenapa?karena paslon satunya lagi ayah saya, dan saya tidak mau Papa jadi ketua. Hahahaha. Meskipun at the end saya pilih Beliau karena tidak ada pilihan yang lebih pantas. Poor me.

Selamat untuk Ketua Umum KFT yang baru. Semoga bisa mencapai visi organisasi dan menjalankan program kerjanya dengan baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s