Event · parenting

Merawat gigi dan mulut sejak dini

Disini siapa yang merasa punya masalah pada gigi atau mulut hayooo.. Ngerasa ga sih, kalau sekarang semakin banyak juga orang pakai behel? Eh, Apakah itu termasuk masalah gigi dan mulut? hmm tentu saja. Masalah gigi dan mulut tidak terbatas hanya pada bau mulut, gigi kuning, atau bolong. Tetapi ada banyak masalah lainnya yang kadang kita anggap sepele. Seperti jamur, gigi tidak rata, dan lubang atau karies pada gigi susu. Loh, kalau gigi susu berlubang, tidak apa apa kan nanti copot dan berganti ke gigi permanen. Nah, ini yang salah kaprah. gigi berlubang pada gigi susu ini yang bisa menjadi cikal bakal pertumbuhan gigi baru yang tidak merata. Gigi baru akan mendeteksi bahwa disitu ada kuman dan mungkin infeksi sehingga dia akan tumbuh mencari jalan lain. Ini yang membuat akhirnya pertumbuhan gigi tidak baik.

Nah, masalah pada gigi dan mulut tidak hanya mengakibatkan rasa sakit dan estetika loh. Ternyata gigi dan mulut yang bermasalah juga dapat mengakibatkan kekurangan gizi. Misalkan karena gigi bolong atau gigi tidak rata, membuat kemampuan mencabik makanan kurang maksimal, sehingga penyerapan gizi oleh tubuh juga tidak maksimal.

Jadi, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ?
1. Rutin sikat gigi, 2-3 kali sehari.
Kemarin di seminar yang diselenggarakan Medikids Dental Bekasi, juga dijelaskan cara menggosok gigi yang benar. salah satunya yang masih sering dipertanyakan adalah tentang penggunaan pasta gigi ber flouride untuk anak anak. ternyata, justru gigi kita butuh flouride. jadi sjak gigi pertama, gunakan pasta gigi berflouride yah! untuk takarang pasta gigi nya semana? bisa dilihat pada gambar dibawah ini ya.

Batasan penggunaan flouride pada anak

22. Menghindari makanan manis dan berkafein.
kalau ini kita semua tahu bahwa kandungan gula dan kafein dapat membuat gigi kita lebih mudah berlubang dan menguning.

3. Rajin ke dokter gigi. jangan tunggu sakit.
Memang, cara tercepat mengatasi sakit gigi adalah ke dokter gigi. Tapi akan lebih baik jika ke dokter gigi secara rutin. Ini yang terkadang kita malas, terutama untuk membawa anak anak. Karena biasanya anak anak sudah takut duluan. Jadi kita harus penuh rencana dan perhitungan nih kalau mau membawa si kecil ke dokter gigi. Berikut ini ada tips membawa anak ke dokter gigi versi Dr.Laila dari Medikids Bekasi.

Ini juga kemarin aku lakukan. membawa anakku dan ponakanku ke Medikids Clinic Bekasi yang suasananya sama sekali tidak seperti klinik. Menyenangkaaaaaan sekali. bahkan sampai tidak mau pulang anak anak ini.

Role play area
Anak anak senang bermain di klinik dokter gigi
Tidak takut diperiksa karena sudah main dokter dokteran
Anak anak dikenalkan dengan rongga mulut dan cara memeriksa

Nah kalau orang tuanya butuh perawatan, disini juga banyak pilihan mainan yang bikin anak betah. jadi kita bisa perawatan dengan aman, tentram, dan damai 😛
Di Medikids Clinic juga sedang ada promo free konsultasi loh. Jika perlu treatment, ada diskon 50%. Bisa langsung dateng aja ke ke Medikids Bekasi ya. lokasinya ada di Ruko Graha Bulevar Ahmad Yani, Summarecon, Kec. Bekasi Utara. Atau bisa juga ke klinik lainnya, bisa dilihat di @medikidsclinic dan @mhdcclinic melalui instagram.

Kemarin Alhamdulillah dapet free scaling nih dari Medikids Clinic Bekasi. Yuk janjian kita ke dokter gigi sambil playdate 😎

23 thoughts on “Merawat gigi dan mulut sejak dini

  1. MasyaAllah keren acara dan tempatnya mba..
    Saya masih kecil dulu juga sering dibawa bapak meski tidak ada masalah gigi. Rutin 6 bulan sekali, dan saya memang tumbuh tanpa takut dokter gigi.

  2. Mbak..anakku kelas 5, terakhir di bawa ke dokter gigi 4 bulan lalu..dengan rayuan dan bujukan tingkat dewa..duh
    Kalau klinik giginya kayak Medikids Clinic Bekasi begini..enggak bakalan kayaknya hahah
    Cuss..mau ajakin periksa gigi ke sini aja

  3. Klinik Medikids asik ya,anak – anak jadi gak parno sama dokter gigi.Ada ruang simulasinya juga, jadibisa sekalian belajar

  4. Bulan lalu aku baru bawa sulungku ke dokter gigi untuk cabut dan scheling. Hasilnya bau mulutnya yang nggak enak hilang dan bisa bertahan sampai sekarang. Memang sebaiknya rutin untuk kita cek kondisi mulut dan gigi kita dan anak2.

  5. Oo.. Jadi karena ada masalah dengan gigi, bakal gigi tidak mau tumbuh di situ ya… Mmg penting pemahaman tentang kesehatan gigi ini… Adanya klinik gigi yang kids friendly ini juga memudahkan kalau mau membawa anak ke dokter gigi…

  6. Masalah gigi pada anak-anak memang perlu diperhatikan ya, Mbak. Dan yang paling sering diterapkan adalah rajin sikat gigi dan tidak banyak makan manis-manis.
    Nah, ini kadang jadi masalah, banyak anak-anak susah diajak ke periksa gigi. Mereka sudah takut duluan membayangkan suasana di sana. Tapi kalau tempatnya kayak Medikids Clinic ini sih, anak-anak pasti senang hehehe.

  7. Sepertinya pernah liat Medikids ini juga di salah satu mall di Depok, bangunannya persis gtu dan tadinya aku pikir wahana anak main dokter2 gigi gtu haha. Ternyata klinik gigi beneran.
    Setuju banget bawa anak sejak dini ke dokter gigi, ini alhamdulillah anak2 udah bbrp kali ke dokter gigi, dulu awalnya emang krn bolong tp skrng aku usahakn rutin ke dokgi 😀

  8. Enak ya kalau kliniknya seru begini. Jadi anak enggak takut kalau mau ke dokter gigi. Kalau buat anak, menghindari makanan dan minuman manis itu yang PR banget… tapi kudu dibaisakan sih.

    1. Iya anak anak harus dibiasakan dr kecil. Kenaoa harus menghindari makanan dan minuman manis?karena orang tua sudah terlanjur mengenalkan. Coba kalau dikenalkannya sudah agak besar.. Gausah dihindari juga anaknya bisa bisa udah ogah ogahan

  9. Kalo design klinik dokter anak semua kayak gitu, senua anak betah kali ya.
    Setuju, janagn sampai anak-anak mengalami sakit gigi, karena sakitnyaa bener-bener gak nahan.

  10. Anakku nih giginya sudah berlubang padahal usianya baru 5 tahun hiks. Sudah gitu takut pula dibawa ke dokter Gigi. Jadi berharap Ada klinik Gigi ramah anak seperti ini di Makassar, anak-anak bisa bermain dulu jadi ga takut lagi pas sesi pemeriksaan Gigi yang sebenarnya

  11. Penting banget merawat gigi, jangan sampai spt saya, tau2 gigi udah bolong aja. Dan akhirnya terpaksa mesti dicabut dan jadi ompong.

    Waah, beneran itu mbak, 50% diskonnya buat yg butuh treatment. Mupeng nih

  12. Deket bgt ini dri rumah.. Tmpat yg bagus yah aq mau cek gigi anak qu dsni ah nanti pasti suka deh dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s