Uncategorized

the funeral

hallo pung (the way i call my aunty,bugis Culture). yesterday was your funeral. when i saw you couldn’t respon anything, i only can pray, Dear God, if it’s her time, make it easy. if she can be cured, heal her. You know what is the best way.Amin.

and less than an our, she’s gone. Oh God. pung adalah ibu ku. pung adalah teman ku. i always tell a story to her. ketika aku bertengkar dengan kedua ibuku, kepadanya aku curhat. kalau aku sebel sama mama, pung bilang jangan gitu nak, itu mamakmu. nanti kalau dia sudah ga ada sedih kamu ntar. pung juga selalu bilang kan, aku harus jagain bapakku, kakak kesayanganmu itu. kau jaga kakak saya itu ya. suka sakit dia di lokasi shooting.udah tua itu dia banyak pikiran. iya pung, saya akan jagain papa.

tapi ini saatnya pung pergi. pergi yang tidak membutuhkan kata kata “be careful”. pergi yang ga ada kata hai lagi setelahnya

Image

i hug you. feels like…mmm.. i don’t know.

dulu pung heboh sendiri pas aku tinggal sama pung. sibuk pung carikan uang untuk aku jajan dan untuk ongkosku. aku repotin pung terus ya. maaf pung.aku tahu pung tidak punya. tapi aku malah kabur ke rumah pung. lama aku tinggal sama pung. aku repotin terus. padahal pung ga pernah masak. sejak aku tinggal disitu, pung masakin aku tiap hari. atau kadang beli di warung tapi pung bilang pung masak ( i know that pung. hehe). cuman supaya aku harus sarapan setiap harinya. porsi sasa besar ya pung. maafkan hehe..

aku ingat pung hebring sendiri belikan aku flatshoes. yaa, spatu flat pertama ku. beli di matahari deket rumah, buat aku pakai di tempat kerja. waktu itu aku kuliah semester 4 kalau tidak salah. pung heboh pinjem duit dulu sama tetangga. semua buat aku.

tiap ada orang lewat, pung bilang, ini anakku. baru datang dia. iya pung, i’m your daughter.

aku juga ingat, waktu aku kecil, pung pernah gendong aku di pemakaman kakek, trus aku jatuh. pung dimarahin sama mama.abis itu pung ga boleh gendong aku lagi sampe aku besar. tapi aku bisa peluk pung sekarang.

maafin sasa pung. sasa bahkan ga bisa bahagian pung di hari terakhir pung.sasa ga bisa ngapa ngapain lagi. sasa cuman bisa menangis. sasa cuman bisa selalu ngerepotin. dan ini yang terakhir. sasa ga bisa berbuat apa apa lagi pung. selain kasih yang terbaik buat tempat terakhir pung

aku rapihkan kasurnya di RS itu. ku ikat jempol kakinya. ku ikat rahangnya, ku ikat tangannya. ku balut dia dengan selimut. maaf pung, kutinggal sebentar untuk kuurus all of the fucking administation here. hah!fckng hospital! ga bisa apa setelah selesai semua aja gitu ntar.

ku bawa pung ke ruang jenazah, kumandikan. kumandikan dengan tanganku sendiri. di shampoo-in. ku kafankan pung. sasa pakein jilbab ya pung 🙂 cantikan kan tuh. ku buat kan nisan pung.

Image

Image

ku bawa pung ke rumah. suara mengaji dan kalimat kalimat-Nya berkumandang. tak perlu aku ceritakan bagaiman ke brengsekan warga dan orang orang yang mengaku di panggil pak haji di sini yah.

halo pung. bagaimana keadaanmu sekarang?pung sudah pergi. aku yang buatkan nisannya. aku yangterakhir beranjak dari sisi pung. aku yang terakhir menyentuh bunga di tempat perisitirahatan pung. dan mungkin, aku orang yang paling tak bisa juga membahagiakan pung ya. maafin sasa ya pung. but i love you. you know that 🙂 meskipun kadang kita berantem. kadang pung harus 10 oktav. hehe

Image

halo pung. kemarin adalah pemakaman mu. ketika sore hari aku lihat pung terbaring di Rumah sakit. ketika aku melihat pung sudah tidak bisa merespon, aku hanya bisa berdoa. ya Allah, jika memang ini waktunya, permudahlah. jika dia masih bisa diberi kesembuhan, sembuhkanlah. jangan lagi dia menderita ya Allah.

Image

One thought on “the funeral

  1. Terima kasih ya Sha, telah mengurus pung Sittinya. Tidak hanya Shasa yang pernah diurusnya tapi Papa juga. Di rumahnya yang sempit ada hati yang luas menerima sipa saja membutuhkannya. Mengurus Papa dengan penuh cinta dan kasih. Semoga hatinya yang terbuka luas untuk siapa saja mendapat ganjaran dari Allah SWT. Amin. Selamat jalan Adikku yang tercinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s