travelling

Pendakian gunung Lawu

LAWU, 3464MDPL.

Salah satu gunung yang terletak di wilayah jawa tengah dan timur, 111°11’39” LS 07°37’37” BT sih kalo ngga salah. Setelah melakukan pendakian pada tanggal 1 janai 2013 kemarin, ya ini uraian singkat catatan perjalanan kami. gambarannya, ini pakai waktu paling lambatnya anggota team, dengan beban 18Kg. kembali ke kondisi masing masing loh 🙂

Gn. Lawu

  1. Track

CEMORO SEWU

Basecamp- pos1 jalur nya berbatu. jelas.nanjak. 35 menit. ada warung di pos 1. cukup ramai

Pos1 – pos 2 masih berbatu. 2 jam. sempat istirahat 30 menit di shelter gitu.

Pos 2- pos 3 45 menit. berbatu juga.licin. karena selama pendakian saya, hujan tidak berhenti.

Pos 3-pos 4 1 jam.berbatu. di pos 4 jangan lupa foto2 soalnya ada area kebuka yang keren *kalau cerah*

foto di jalur ke pos4. tapi di pos 4 itu plang doang. ga ada pos nya.

foto di pos 4

Pos 4- pos 5 ini ngga nyampe 30 menit. jalurnya juga udah bonus-an hehe. di pos 5 itu area nya kebuka. camping ground gitu. cakeppp bua foto foto *noted:kalaucerah*

Pos 5 – mbok yem/pertigaan puncak. ya rata rata pendaki ngejar tracking sampai sini supaya bisa stay. kalau di mbok yem, itu kayak barak gitu. luas. bisa puluhan orang didalamnya. warung sebelum pertigaan menuju puncak.. tapi kayaknya kalau ramai, ga enak juga yah. mending bawa perlengkapan sendiri deh

jalur emoro kandang

jalur cemorokandang

_maap belom di rotate –

CEMORO KANDANG

Puncak – pos 4

Pos 4 pos 3 45 menit turun 1,5 jam naik

Pos 3- pos 2 1 jam turun, 2jam naik jalurya kayak uler. Kalo mau cepet, potong kompas aja ikutin jalur aer tu tapi icin dan terjal. Asik kok, lebih cepet hahaha

Pos 2 – pos 1 jam turun, 2 jam naik. Ini udah banyakan lurusnya. bisa diliat di peta topografi. Gak rapet kok konturnya. Selawww

sampaiii bawahhh…

Jalur cemoro kandang lebih rapih, dan  enak di photo kalo lagi kering. Cakep aja itu hehe. Kalo jalur sewu yaaa agak boring ja. Dan terlalu banyak orang juga. Kalo cemoro kandang lebih banyak bonusnya. Dan masih tanah, lebih enak daripada  sewu yang dari basecamp udah batu semua.

  1. Biaya transportasi

Alternative bis :

–       Ke lebak bulus 2000

–       Lebak bulus-solo 110.000-170.000

–        tawang mangu – cemoro sewu/kandang 7000/orang. charer juga bisa. moibl elf gitu

  1. Biaya konsumsi

–       Makanan berat 150.000 untuk 7 orang

–       Snack 400.an. yah ditotal kan ga sampe 100.000perorang buat konsumsi berkualitas.

  1. Menu makan

Ini beberapa makanan yang kami masak :

–       Nasi goring. Eittt jangan salah. Nasi goreng a la chef shabrina itu tanpa bumbu instan yah. Yang instan sih sardennya. Tapi tetep, say no to bumbu racik tentunya. ada protein dari daging2 dalam nasi goreng. Bukan nasi tok. Nasi goreng pas dimasak pagi soalnya kalo ada sisa nasi malem, agak2 kering, tinggal digoreng yekann dan ga lama.

–       Beef teriyaki. Ini ciyus loh niat belanja daging sapi gue. Haha thx to kak mamang mebka cakrawala masakan saya.

–       Sosis dan nugget dan otak otak yaa in standar tinggal goring

–       Bubur ayam

–       Sayur cah kangkung

–       Sayur sop. Standar. 1000 bisa buat ber2-3koksop2annya

–       Sayur asem. Yaa ini asemnya dikeprok yaa jangan bumbu racik.plis dehhh citarasa instan itu kurss banget.

–       Pudding.

–       Mash  potato Dengantaburan kornet lezattt tapi upa bawa melted cheese and cream mayo

–       Roti dengan selai2 yang disuka oeh maasing masing orang.

–       Kerupuk. Wajib nih dibawa

–       Serealdan havermut

–       Mnuman yang kalian suka , snack nya monde butter cookies sama shes aa itu namanya, dan oklat2 uye kece.

Darisemua makanan diatas, ya, saya cumin makan sereal,havermut,snack sama teriyaki. Hahahaha,n rice.atit eyuut ini lagi diare adoh!

Tu ah kira kira gambaran pendakian gunung lawu versi saya. Ya mungkin setiap pendaki memiliki pandangan yang berbeda beda. Carilah referensi sebanyak banyakanya yah.. yang pasti saran saya :

  1. Jangan lupa sunblock! Naik gunung sih naik gunung. Sunscreen sama liipbalm perlu. Spaya tetep kece. Apalagi buat d foto. Kalo bibir sama muka udah erah merah, ga cool aja gitu
  2. Jangan sotoy pake sandal. Heyyyy emang sih jalurnya udah jelas, ga pake belah belah hutan. Tapi tetep, kenyamanan dan keselamatan nomor 1.

98% persen endaki yang berpapasan dengan saya tidak menggunakan sepatu. Ada yang sandal, dan nyeker. Situ berasa hebat? Katro sih iya. Sepatunya saying katanya ya? Astaga mahalan kaki apasepat sih? (curhat dikit, gue pernah hamper diamputasi gara gara salah milih sepatu dan saya memang gula darah tnggi juga. Hamper diamputasi itu alo teat 2 hari dibawa ke rumah sakit di ranupane

)Muka nya aja ga ada yang seneng gitu turun gunung. Ceria-an saya yang naik.kalo turun dan tidak terlalu licin, boleh lah sandal gunung tapi jangan sandal asal asal.dan jangan lupa pake kaus kaki biar ga lecet. Buatlah diri anda senyaman mungkin.jangan alas, janagn sotoy. Alam bukan untuk ditaklukan. Tapi dimengerti.  Taklukan diri anda, kesombongan anda, rasa takut anda, dan ssegala hal negative yang berkecauk dalam diri anda. Jangan malas! jangan nyusahin orang.

Gn. Lawu
bersama Agrawitaka, Perhimpunan pendaku gunung dan penempuh rimba Univ. prof. DR. moestopo

Think safety before anything.

One thought on “Pendakian gunung Lawu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s